catatan abdi madrasah sebagai wahana perjalanan ibadah dan ukhuwah, semoga bisa memberi arti dan manfa'at, meskipun sangat kecil dan remeh serta tetap dalam lindungan ridloNya. amiin.

Kegiatan Internal

Kepala madrasah mempunyai tugas yang sangat penting di dalam mendorong guru untuk malakukan proses pembelajaran untuk mampu menumbuhkan kemampuan kreatifitas, daya inovatif, kemampuan pemecahan masalah, berpikir kritis dan memiliki naluri jiwa kewirausahaan bagi siswa sebagai produk suatu sistem pendidikan. Materi ini diharapkan dapat menjadi bahan referensi peningkatan kompetensi kepala madrasah sesuai yang diamanahkan Permendiknas No 13 tahun 2007.

Sosialisasi dan bimbingan teknik kewirausahaan yang telah dilaksanakan selama ini ternyata masih belum memadai untuk menjangkau seluruh kepala madrasah dalam waktu yang relatif singkat. Intensitas dan kedalaman penguasaan materi kurang dapat dicapai dengan kedua strategi ini karena terbatasnya waktu.

Berdasarkan kenyataan tersebut dan demi mendukung peran kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di madrasah maka dibutuhkan kepala madrasah yang kuat. Dengan kepala madrasah yang kuat diharapkan dapat membimbing, menjadi contoh, dan menggerakkan guru dalam peningkatan mutu pendidikan di madrasah.

Dimensi Kompetensi Kewirausahaan

    1. Menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan madrasah.
    2. Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif.
    3. Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin madrasah.
    4. Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi madrasah.
    5. Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan madrasah  sebagai sumber belajar peserta didik.

  1. Kewirausahaan Kepala Madrasah
  2. Modul Pendampingan Kepala Madrasah
  3. Buku Pendampingan Kepala Madrasah