catatan abdi madrasah sebagai wahana perjalanan ibadah dan ukhuwah, semoga bisa memberi arti dan manfa'at, meskipun sangat kecil dan remeh serta tetap dalam lindungan ridloNya. amiin.

Pemantauan Pelaks. 8 Standar

Setelah melaksanakan pembimbingan kepada guru terkait penilaian hasil belajar, kepala madrasah perlu melakukan pemantauan pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar. Pemantauan ini bertujuan untuk melihat keterlaksanaan hasil pembimbingan dan mengukur tingkat kesesuaian antara perencanaan pembelajaran dengan pelaksanaan pembelajaran serta mengukur tingkat keberhasilan pembelajaran melalui hasil belajar siswa. Tahapan yang dilakukan kepala dalam melaksanakan pemantauan secara umum meliputi merencanakan, melaksanakan pemantauan dan melaporkan hasil pemantauan.

Aspek-aspek pemantauan pelaksanaan pembelajaran/bimbingan dapat dilihat pada proses pelaksanaan kegiatan kurikuler dan kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan secara sistemik di madrasah. Aspek-aspek pemantauan hasil belajar siswa pada kegiatan kurikuler dapat dilihat pada sejauh mana daya serap pembelajaran, persentasi kenaikan kelas, persentasi kelulusan, dan persentasi capaian KKM yang dicapai oleh pihak madrasah, sedangkan hasil belajar kegiatan ekstrakurikuler dapat dilihat pada berbagai lomba yang dapat diikuti dan dimenangkan oleh siswa dari madrasah.

Tingkat kesesuaian antara perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran dapat dinilai dengan menggunakan instrumen tertentu. Hasil penganalisisan dari instrument tersebut menunjukkan kualitas pelaksanaan pembelajaran di madrasah tersebut. Kualitas ini menunjukkan pula gambaran pencapaian mutu madrasah dengan standar yang telah ditetapkan. Analisis hasil pemantauan dapat dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Model analisis yang digunakan sangat bergatung kepada tujuan pemantauan dan bentuk instrumen yang digunakan.

  1. Cover Supervisi pemantauan guru
  2. Instrumen Pemantauan Guru oleh KS
  3. PEmantauan Guru oleh KS_semester GSL
  4. PEmantauan Guru oleh KS_semester GNP
  5. INSTRUMEN _8 SNP