catatan abdi madrasah sebagai wahana perjalanan ibadah dan ukhuwah, semoga bisa memberi arti dan manfa'at, meskipun sangat kecil dan remeh serta tetap dalam lindungan ridloNya. amiin.

Pembinaan Guru

Sebagai agen pembelajaran, guru dituntut untuk selalu meningkatkan kompetensinya secara terus menerus melalui berbagai upaya antara lain melalui pelatihan, kegiatan kolektif guru, misalnya di MGMP, kegiatan publikasi ilmiah, dan kegiatan profesionalan lainnya. Dengan demikian guru diharapkan akhirnya akan dapat melaksanakan tugas pokok dan kewajibannya dalam pembelajaran/pembimbingan, termasuk pula dalam melaksanakan tugas-tugas tambahan yang relevan dengan fungsi madrasah/sekolah secara profesional.

Keberhasilan pelaksanaan Program Pembinaan Guru melalui Peningkatan Kompetensi ditentukan oleh kesungguhan semua pihak dalam melaksanakan program. Program Pembinaan Guru melalui Peningkatan Kompetensi merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kompetensi guru secara berkelanjutan sehingga dapat melakukan pembelajaran yang menarik dan berinovasi sesuai kebutuhan materi yang diajarkan.

Program Pembinaan Guru melalui Peningkatan Kompetensi secara umum bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan tugasnya melalui peningkatan kompetensi baik pedagogik maupun profesional, serta memiliki performa sebagai pendidik dan pemimpin bagi peserta didiknya. Secara khusus, bertujuan agar :

  1. menunjukkan kemampuan sebagai profesional dalam melaksanakan tugasnya sebagai guru;
  2. mengusai kompetensi pedagogik dan profesional sesuai dengan kelompok kompetensi yang dipelajari;
  3. memiliki performa sebagai pendidik dan pemimpin bagi peserta didiknya;
  4. menjadi contoh tentang ketangguhan, optimisme dan keceriaan bagi peserta didiknya; dan
  5. memiliki kemauan untuk terus belajar mengembangkan potensi dirinya.

Sebagai referensi agar proses Pembinaan tersebut menjadi lebih rasional dan objektif, link berikut dibawah ini silahkan untuk di unduh, semoga bermanfa’at. Amiin.

  1. Pedoman Umum Karier Guru
  2. Buku Kerja untuk Supervisi GURU DAN KS
  3. Dok. FOTO Kegiatan PKKM MTs Al-Fatah Suradadi
  4. Dok. Foto Kegiatan Pembinaan & Workshop Pengawas MTs Al-Fatah Suradadi