catatan abdi madrasah sebagai wahana perjalanan ibadah dan ukhuwah, semoga bisa memberi arti dan manfa'at, meskipun sangat kecil dan remeh serta tetap dalam lindungan ridloNya. amiin.

Salah satu kegiatan penting dalam rangka pemberdayaan dan peningkatan kualitas guru adalah supervisi kepada guru.

Inti dari kegiatan supervisi adalah membantu guru dan berbeda dengan penilaian kinerja guru, meskipun di dalam supervisi akademik ada penilaian. Dalam supervisi akademik menilai unjuk kerja guru dalam mengelola proses pembelajaran.

Mengembangkan kemampuan guru tidak hanya ditekankan pada peningkatan pengetahuan dan ketrampilan mengajar guru, melainkan juga pada peningkatan komitmen, kemauan, atau motivasi guru. Dengan meningkatkan kemampuan dan motivasi kerja guru, kualitas akademik akan meningkat. Tanggungjawab pelaksanaan supervisi di sekolah/madrasah adalah kepala sekolah/madrasah. Oleh karena itu kepala sekolah/madrasah harus memiliki kompetensi supervisi.

Dengan demikian, berarti kepala sekolah/madrasah merupakan supervisor yang bertugas melaksanakan supervisi pembelajaran yang direncanakan untuk membantu para guru dan pegawai sekolah/madrasah dalam melakukan pekerjaan secara efektif.

Program Supervisi disusun sebagai alat kontrol pelaksanaan program-program sekolah/madrasah yang lain yaitu sebagai pengingat dan sekaligus pengarah roda pengeloalaan administrasi di dalam sekolah/madrasah.

Dengan pelaksanaan supervisi dalam segala aspek dan sektor niscaya kendala dan hambatan dalam pengelolaan sekolah/madrasah terutama yang berkaitan langsung maupun tidak dengan peserta didik akan dapat tertangani secara baik dan lancar.

Berikut dibawah ini merupakan format supervisi kepala sekolah/madrasah yang bisa digunakan, silahkan klik pada tautan/link-nya;

1. Supervisi Administrasi
2. Rubrik Supervisi Administrasi
3. Supervisi RPP
4. Rubrik Supervisi RPP
5. Supervisi Pembelajaran
6. Rubrik Supervisi Proses Pembelajaran
7. Supervisi Penilaian
8. Rubrik Supervisi Penilaian

Demikian, semoga benar-benar berkah-manfa’at, Amiin.

Tinggalkan komentar